Selasa, 25 Juni 2019

Keping DVD/VCD/CD Termasuk Plastik Atau Elektronik ?


Kepingan VCD/DVD/CD di tahun 2019, agaknya tidak terlalu populer di masyarakat. Kepingan ini berjaya pada era 90an. Biasanya digunakan untuk menonton film atau memutar musik favorit. Bisa disetel lewat VCD player yang disambungkan ke TV, komputer, ataupun walkmand. Anak 90an pasti tau deh. Hehehe.
Btw, apakah di rumah mu masih ada kepingan VCD/DVD/CD? Apakah masih digunakan?  Tahukah kamu bahwa kepingan VCD/DVD/CD terbuat dari plastik yang bernama polikarbonat. Bahan yang juga digunakan untuk pembuatan handphone. Kebaikan teknologi dapat membuat kepingan plastik ini menjadi sarana penyimpan data berbagai kapasitas ukuran seperti menyimpan lagu, video, aplikasi software, dll. Berikut merupakan proses terbuatnya VCD/DVD/CD yang dirangkum dari planetcopas.blogspot.com cekidot:



1. Butiran-butiran polikarbonat dimasukkan ke dalam mesin pengering, sampai benar benar kering.

2. Setelah dikeringkan butiran polikarbonat dimasukkan ke dalam mesin pemanas, butirannya dilelehkan terlebih dahulu sampai berbentuk cair

3. Butiran polikarbonat yang sudah dilelehkan dengan suhu 250 derajat celcius, langsung disuntikkan ke dalam mesin pencetak, sampai membentuk cakram DVD, data data yang ada di stamper juga langsung tersimpan di dalam cakram tersebut. pada proses ini, semuanya otomatis dilakukan oleh mesin, manusia hanya mengawasi

4. Kemudian cakram-cakram dimasukkan ke dalam ruang pedingin, suhunya hanya mencapai 20-25 derajat celcius (suhu kamar)

5. Salah satu sisi cakram ditutupi oleh lapisan khusus (proses metalisasi) agar salah satu sisinya mengkilap/memantulkan cahaya, ini bertujuan agar sensor laser di DVD player dapat membaca data-data yang terdapat di dalam keping DVD. Tanpa bagian yang mengkilap, sensor laser tidak akan bisa membaca data-datanya.

6. Lalu bagian yang tidak mengkilap direkatkan lagi sebuah lapisan DVD diatasnya dengan lem, Sebelum didistribusikan, cakram DVD diuji kualitasnya.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa VCD/DVD/CD merupakan plastik ya gaes. Bukan elektronik. Sama halnya jika dalam keadaan tak terpakai (bekas) maka termasuk sampah plastik bukan sampah elektronik. Hal ini juga berpengaruh pada pemilahan dan proses daur ulang.

Sumber :

sumber gambar cover : pixabay.com

penulis : Meirna Fatkhawati @mirnaaf_

#Polimeritas
#PolimerBerkualiltas
#MenjagaCitraPolimerMasaDepan
#IndonesiaMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keping DVD/VCD/CD Termasuk Plastik Atau Elektronik ?

Kepingan VCD/DVD/CD di tahun 2019, agaknya tidak terlalu populer di masyarakat. Kepingan ini berjaya pada era 90an. Biasanya digunakan ...