Jumat, 21 Juni 2019

POLIMER PEMBUNGKUS KABEL LISTRIK


Kabel adalah salah satu bagian terpenting dari sistem tenaga listrik yang berfungsi untuk menyalurkan (transmisi) energi listrik dari pusat pembangkit listrik sampai ke sisi konsumen. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting, sedangkan konduktornya terbuat dari bahan tembaga atau aluminium. 

Pada awalnya, bahan pembungkus kabel listrik yang sering dipakai adalah isolasi dari bahan kertas yang menggunakan sistem minyak bertekanan. Namun, sejak dikembangkannya polimer sintetis, isolasi kertas ini secara bertahap mulai ditinggalkan. Isolasi sintetis mempunyai kelebihan dibandingkan dengan isolasi kertas, yaitu lebih bersih, cara penyambungannya sederhana, perbaikan dan pemeliharaannya mudah, tidak memerlukan selubung logam, serta suhu kerjanya lebih tinggi (khusus XLPE, karena itu kapasitas penyalurannya besar). 


Polimer sintetis ini dikembangkan lebih lanjut menjadi polietilena, kemudian dikembangkan lagi menjadi Crosslinked Polyethylene (XLPE). XLPE mulai banyak digunakan sebagai pembungkus kabel listrik karena  memiliki ketahanan kerja lebih baik, meskipun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis isolasi sintetis lainnya. Dengan penggunaan kabel berisolasi XLPE, proses penyambungan kabel menjadi lebih mudah dibandingkan proses penyambungan kabel berisolasi kertas dengan resapan minyak maupun dengan kabel berisolasi minyak bertekanan. Saat ini, XLPE juga banyak digunakan pada pipa, film, dan produk busa.



Penulis : @lilydianan




#Polimeritas
#PolimerBerkualitas
#MenjagaCitraPolimerMasaDepan
#IndonesiaMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keping DVD/VCD/CD Termasuk Plastik Atau Elektronik ?

Kepingan VCD/DVD/CD di tahun 2019, agaknya tidak terlalu populer di masyarakat. Kepingan ini berjaya pada era 90an. Biasanya digunakan ...