Senin, 13 Mei 2019

POLIURETAN IN STS

[Holla Sobat Polimeritas!]


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas aplikasi Poliuretan untuk "Self Tightening Suture." 
Apa itu? dan Bagaimana prosesnya? Mari kita simak penjelasan berikut:
.
Suture merupakan jahitan yang menyatukan ujung luka atau sayatan bedah. Metode ini sangat bermanfaat dalam penutupan luka pasca operasi sehingga dapat mempercepat pemulihan pasien. Berbagai penelitian suture ini dilakukan dengan tujuan untuk penutupan luka yang akurat dengan pemulihan kulit yang cepat, minim risiko komplikasi, seperti infeksi maupun jahitan yang terbuka kembali, yang menyebabkan keadaan tidak sehat dan tertundanya pulangnya pasien.

Self Tightening Suture merupakan metode jahitan yang dapat merekat sendiri. Metode ini menggunakan bahan polimer jenis SMP yaitu Poliuretan sebagai benangnya. Poliuretan ini dapat mengencang sesuai kebutuhan. Keuntungan dari jahitan yang bisa dikencangkan sendiri adalah ahli bedah tidak bisa memperketat atau memperlonggar bahannya. Terlalu ketat jahitannya bisa robek, menyebabkan luka terbuka; Bila terlalu longgar, lukanya tidak tertutup dengan benar.

How it works?
Pada suhu kamar, jahitannya pendek, tetapi saat dipanaskan, jahitannya dapat direntangkan hingga dua kali panjangnya. Bentuk panjang ini kemudian ditentukan dengan pendinginan hingga -15 ° C, dan jahitan kemudian dapat dibawa kembali ke suhu kamar dalam bentuk memanjang. Pada titik ini, simpul dapat dimasukkan. Setelah mencapai suhu tubuh, jahitan kembali ke keadaan pendek dan dengan demikian dapat mengencangkan simpul dan setiap jahitan yang dibuat.

Sumber:
->https://physicsworld.com/a/a-self-tightening-suture/ -> Rituparna Duarah et al 2018 Biomed. Mater. 13 045004
.
For Deep Information, read more: Smart self tightening surgical suture from tough bio-based
hyperbranched polyurethane/ reduced carbon dot nanocomposite
.
Penulis: Mujtahidatul Ilmi Fajriyah @iingzuhri
.
"Mari Kita Jaga Citra Polimer Masa Depan"
.
#Polimeritas
#PolimerBerkualitas
#MenjagaCitraPolimerMasaDepan
#IndonesiaMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keping DVD/VCD/CD Termasuk Plastik Atau Elektronik ?

Kepingan VCD/DVD/CD di tahun 2019, agaknya tidak terlalu populer di masyarakat. Kepingan ini berjaya pada era 90an. Biasanya digunakan ...