Sabtu, 23 Februari 2019

KAPSUL POLIMER KEAMANAN PESAWAT


Gamil Halidov merancang inovasi teknologi keamanan pesawat terbang. 
Terinspirasi kecelakaan pesawat Metrojet dengan nomor penerbangan 9268 di Semenanjung Sinai pada 31 oktober 2015, yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Kogalymavia asal Rusia.
Jauh sebelum kecelakaan itu terjadi, Gamil Halidov bahkan mengaku sudah merancang ide kapsul dalam pesawat itu sejak tahun 2000.

Kapsul yang dirancangnya -terbuat dari bahan polimer,
-tahan tekanan udara,
-tidak bisa tenggelam atau terbakar.

Dia memperkirakan, kapsul itu beratnya tidak akan lebih dari 2-4 ton, sehingga tidak akan signifikan mempengaruhi kinerja pesawat atau menambah konsumsi bahan bakar.

Kapsul itu seperti selubung yang terpisah dari badan pesawat. Saat pesawat itu mulai terbakar di bagian sayap kanan dan mengeluarkan asap hitam tebal, kapsul polimer tadi otomatis langsung terlepas keluar dari badan pesawat, dilengkapi parasut yang langsung mengembang.

Saat badan pesawat tersebut, yang sudah tak lagi berisi penumpang, terus jatuh dan akhirnya meledak dan hancur, kapsul yang berisi penumpang tadi mendarat aman di darat maupun di laut, karena sudah diterbangkan oleh dua parasut besar di atasnya.

Bila jatuh di laut, kapsul itu langsung mengeluarkan sirip yang berfungsi sebagai pelampung, sehingga kapsul itu langsung mengapung di air, sampai tim SAR dan pertolongan pertama tiba di lokasi.

#POLIMERITAS
#POLIMERBERKUALITAS
#MENJAGACITRAPOLIMERMASADEPAN
#INDONESIAMAJU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keping DVD/VCD/CD Termasuk Plastik Atau Elektronik ?

Kepingan VCD/DVD/CD di tahun 2019, agaknya tidak terlalu populer di masyarakat. Kepingan ini berjaya pada era 90an. Biasanya digunakan ...